Ngaji ZaWa oleh Kemenag, Tingkatkan Kolaborasi dan Inovasi Praktik Wakaf Bersama Gerakan Wakaf Indonesia​

Pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2024, Webinar Zakat Wakaf Hub: Ngaji ZaWa sukses digelar oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI dengan mengusung tema “Membangun Ekosistem Wakaf Kontemporer: Kolaborasi dan Inovasi dalam Praktik Terkini.” Acara ini merupakan acara silaturahmi yang mempertemukan para pegiat wakaf, perwakilan KUA seluruh Indonesia, pelajar, dan masyarakat umum.

Ibu Susi Susiatin, SE, MM, RFP, QWP, ketua Gerakan Wakaf Indonesia (GWI), menjadi narasumber dalam acara tersebut. Diundang oleh Kementerian Agama RI, Ibu Susi menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengembangkan praktik wakaf di Indonesia, terutama dengan bonus demografi 2045. Fokusnya adalah pada berinovasi pada produk wakaf untuk memudahkan proses berwakaf sehingga meningkatkan kemudahan akses wakaf bagi semua orang dan pentingnya kolaborasi antar seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem wakaf.

Ibu Susi mencontohkan keberhasilan Singapura dalam mengelola wakaf yang bisa dibilang semua aset wakaf dikelola secara korporat oleh Al-Warees. Sehingga dana wakaf mereka besar dengan aset yang beragam.  Indonesia juga memiliki potensi pertumbuhan wakaf yang sangat besar karena jumlah penduduk usia produktif yang besar dan lahan yang luas asalkan memiliki sinergi yang optimal.

Kolaborasi dengan universitas, dengan perusahaan yang memiliki Corporate Social Responsibility (CSR) yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), dan dengan petani untuk meningkatkan swasembada pangan juga diusulkan. Kemitraan yang efektif antar wakif, nazhir, business matching, dan upaya yang berfokus pada Sustainable Development Goals (SDGs) sangat penting untuk membangun ekosistem wakaf yang kuat. Mempromosikan literasi wakaf juga dipandang sebagai hal yang penting sehingga masyarakat Indonesia terbiasa dengan wakaf. Selain itu nazhir juga didorong untuk berkolaborasi secara efektif dengan nazhir lainnya dan harus terampil dalam mengelola dana wakaf.

Gerakan Wakaf Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengelola dana wakaf, misalkan bermitra dengan Lembaga Keuangan Syari’ah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU), perguruan tinggi, perusahaan asuransi, dan perusahaan. Pengelolaan dana ini melalui business matching dan asosiasi dengan berbagai industri seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan pasir, dan properti, serta distribusi strategis dibidang kesehatan, pendidikan, dan sosial seperti melalui rumah sakit juga dibahas.

Acara ini menandai langkah signifikan menuju ekosistem wakaf yang lebih inovatif dan kolaboratif, yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan dan manfaat sosial yang luas di Indonesia. Webinar tersebut menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan organisasi nirlaba untuk mengembangkan wakaf di Indonesia. Peserta memperoleh pengetahuan berharga tentang modernisasi praktik wakaf agar bermanfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Gerakan Wakaf Indonesia adalah lembaga pengelolah wakaf yang telah terdaftar di Badan Wakaf Indonesia 3.3.00226 

Kantor

Jl. Taman Paris Raya Blok B1 No.1 Puri Surya Jaya, Demeling, Gedangan, Kec. Gedangan, Sidoarjo

Telp : (031) 8915156
WA Center : 0813-3010-8688
Email : gerakanwakafid@gmail.com

Daftar Newsletter

Gerakan Wakaf Indonesia adalah lembaga pengelolah wakaf yang telah terdaftar di Badan Wakaf Indonesia 3.3.00226 

Kantor

Jl. Taman Paris Raya Blok B1 No.1 Puri Surya Jaya, Demeling, Gedangan, Kec. Gedangan, Sidoarjo

Telp : (031) 8915156
WA Center : 0813-3010-8688
Email : gerakanwakafid@gmail.com